Saturday, February 6, 2016

[ My1stPregnancy ] Senam Hamil

Yak...setelah dipending dengan banyak alasan, akhirnya saya mulai mencoba senam hamil.
Rabu malam saya telepon Hermina Tangerang untuk booking nomor dan dapet nomor 6.
Sabtu pagi rasanya males bangun...hape udah teriak teriak ingetin ada senam hamil. Saya nebeng adik ke Hermina.
Ke informasi cek bookingan trus ke kasir bayar 25rb (karena saya pasien luar). Kalau di St.Carolus harga senam hamil 85rb, kalau ambil paket 6x kena 265rban kalau gak salah. Di RS. Melati harganya 30rb...jadi saya ambil di hermina aja, berhubung blog2 diluar sana banyak yang cerita senam di Hermina.
Di Hermina Tangerang senam hamil diadakan di lantai 5, ruangan penuh kaca dg 15 matrass berwarna pink dan bantal bertulisan 'Anmum'. Suasananya enak sih...dingin juga. Saya memilih dekat AC biar ga gerah.
Kami mulai senam hamil jam 10.20...dipimpin oleh suster cecilia. Susternya enak, dia bawa santai dan gak kaku. Jadi dia ngajarin juga pelan2,dibagi2 bagi ibu hamil muda dan tua. Dan dia dari awal bilang kalau kontraksi jangan dipaksain,soalnya ada yg maksain trus lahiran prematur. Dia bilang senam hamil itu untuk mempermudah persalinan bukan mempercepat kelahiran.
Senam hamil diisi dengan gerakan pernapasan,pelenturan ama gerakan2 simple lainnya. Untuk ibu yg hamil diatas 36 minggu diajak latihan jongkok.
Jam 11.10 kita selesai...suster cesilia keliling periksa si debay didalem perut. Selama diperiksa kita bisa tanya. Trus saya tanya soal lilitan, dia bilang itu karena si bayinya gerak dan diajak main tali pusernya...yang bisa kita lakuin cuma diajak komunikasi si bayinya trus dibawa doa aja setiap saat. Saat diperiksa jantung Kael diangka 135-137, normalnya 120-160an. Meski si suster mesti cari2 dulu letak jantungnya.
Suster Cesilia juga kasih pesan kalau celana dalam basah terus mesti di cek,jangan didiemin.takutnya air ketubannya bocor...dia bilang tenang kalau pas diperiksa pake kertas laktus ternyata bukan air ketuban langsung disuruh pulang kok gak ditahan2. Dia cerita ada psien yg air ketubannya di angka 1-2, kasian di bayinya mesti dirawat berhari2.
Kita diminta bawel ke dokternya daripada telat nanti.
Setelah itu ada sesi kelas pra persalinan,di jelasin apa itu manfaat asi,perlengkapan yg mesti dibawa,ciri2 mau melahirkan.
Setelah itu selesai deeeh.

No comments:

Post a Comment

ADAPTASI

Setelah empat tahun empat bulan bekerja di perusahaan terakhir, akhirnya saya menyerah juga untuk double job sebagai pekerja plus merawat a...