Wednesday, March 2, 2016

[ FamilyMoney ] Tidak ada kata telat untuk berinvestasi

Jadwal cuti hari kedua adalah saya mendaftarkan diri sebagai nasabah commonwealth yang mau berinvestasi.

Di Tangerang sendiri bank kuning ini memiliki beberapa cabang, ada di Daan Mogot, Lippo Karawaci, Gading Serpong dan BSD. Saya pilih di daan mogot saja karena lebih dekat rumah. Kedatangan saya disambut ramah oleh security, dia menjelaskan saya harus menyiapkan KTP dan NPWP serta mengisi form pembukaan rekening. Diinfokan juga jika saya belum selesai mengisi form tsb tapi ada nasabah lain maka ybs akan didahului duluan baru saya. Saat saya dtg sudah ada 1 orang jadi saya menunggu dia. 
Customer servicenya cuma ada 1, namanya Mbak Esty. 

Namun rencana saya untuk berinvestasi ternyata mengalami kendala, karena NPWP saya masih alamat lama sedangkan KTP saya sudah terbaru, saya diharuskan memberikan identitas lain yg sama dengan KTP yaitu Kartu Keluarga, sayangnya saya ga bawa dan KK belom di ttd suami. Tapi mbak Esty ini menjelaskan dulu tabungan dan reksa dana, nanti pas balik tinggal isi form-form. Oke deh mbak besok aja lanjutnya.

Jadwal selanjutnya adalah membuka Tabungan-Ku Cimb Niaga, guna meminimalkan biaya adm yang makin lama makin bengkak. Saya dilayanin oleh Mbak Yanti, sambil isi form kami ngobrol-ngobrol. Dia nawarin tabungan investasi yang bekerja sama dg AIA, dengan menabung berjangka 500rb selama 7 tahun kita dapet bunga investasi minimal 15% pertahun + asuransi jiwa. 
Saya nanya bedanya tabunganKu dengan On account apa? yang saya tangkap cuma beda di bunga, gak seperti penjelasan customer service di Lounge Mall Lippo Karawaci. Ya karena saya gak mungkin memiliki dana ampe berember2 mending tabunganku aja deh.



Hari ketiga Cuti Melahirkan...

Saya kembali ke Commonwealth, ketemu mbak esty lagi trus diproses pembukaan rekening sambil ngobrol soal kehamilan, soalnya sama-sama lagi hamil. 
Prosesnya pembukaan rekening dan Reksa dana lumayan memakan waktu lama, saya nyampe jam 10 lewat selesai setengah 12 siang.
Disana kita disuruh isi 7 pertanyaan yg akan memberitahu profile risk kita ada diposisi mana...saya berada di balanced jadi investasi yang ideal bagi saya adalah saham 30%, deposito/kas 10%, pasar uang 25% dan pendapatan tetap 35%. 
Dan karena saya mau investasi jangka panjang saya beli reksa dana saham , dan diberitahukan ada 3 reksadana Saham yang lagi bagus per Januari 2016 namun saya lebih memilih schroder 90 plus equity fund (secara banyak yang rekomen ini). Untuk pembelian kena biaya adm 2,2% (lnc ppn). Kayaknya saya terlalu polos kali ya...harusnya belinya yang no admin aja ya, untuk yang ada admin beli via internet banking aja soalnya kena potongan 50%. Ya sudahlah namanya juga awam. 
Kita juga bisa beli produk lain untuk pertama kali dan menjualnya kembali via internet banking, jadi ga perlu dateng ke kantor lagi. Untuk token sekarang sudah pake hp... jadi ga perlu lagi bawa2 token.
Hmmm tapi baru kepikiran kalau saya kan kerja gak bawa hape...gimana belinya ya kalau dikantor????


Oh ya ada aplikasi Cashflow juga untuk pengguna Android (semacam mobile banking). 


Okelah...semoga investasi ini gak sekedar wacana bagi saya dan keluarga. Mungkin reksa dana ini saya masih awam, semoga kedepannya tambah pinter..hohoho...




Salam Calon Ibu Pelit Hemat



No comments:

Post a Comment

CERITA TENTANG PLAYGROUND BERBAYAR

Kalau boleh jujur, waktu masih kecil rasanya saya beserta adik kakak tidak pernah merasakan bermain di playground berbayar layaknya Kael se...