Wednesday, March 2, 2016

[ AnotherStory ] beralih ke lapor online

Hari gini masih lapor fisik?
Bayangkan waktu,tenaga dan kertas yang terbuang? 
Sekarang kan lagi era menuju go green ... pake plastik di swalayan aja bayar Rp 200.

Hufff...mungkin saya terlalu lambat untuk mengurus layanan pajak online ini,toh sebenarnya layanan lapor online sini sudah digalakkan beberapa taon sebelumnya. Namun ternyata masih banyak orang-orang seperti saya yang baru daftar lho, 
Abis lapornya setaon sekali ya males urusnya. Apalagi kalau inget betapa merepotkannya proses administrasi di Indonesia.
Eits tapi itu duluuuu lhooo... saya membuktikan betapa cepatnya pelayanan pajak kita sekarang. Berhubung sebentar lagi batas waktu pelaporan SPT orang pribadi berakhir (31 Maret) bisa dibayang kan betapa ramainya kantor pajak didatangi oleh pelapor, Mungkin di beberapa mall mempermudah direktorat pajak dengan membuat dropbox. Tapi ya kalau ada yang online, cuma duduk trus klik-klik doang kenapa mesti repot lapor fisik.


Saya sudah merencanakan di hari pertama saya cuti melahirkan adalah mengurus permohonan Efin untuk lapor online. Untuk pengajuan Efin ini kita diharuskan datang secara langsung ke kantor pajak terdekat, dimana aja, sekali doang kok. Kebetulan kantor pajak yang saya datangi tidak jauh dari rumah. 
Ternyata mudah lho! orang-orang pajak yang bertugas juga welcome kok kalau kita ada pertanyaan. Saya diarahkan ke bagian efilling, Disana kita diminta mengisi formulir aktivasi efin dulu dengan disertasi fotokopi KTP, Saya nebeng fotocopy KTP ama anak magang disana. Gretong booo!

Trus isi-isi form langsung di proses sama bagian efilling, ga ampe 2 menit efin saya jadi. 





























Nanti kita masuk ke website (bisa pake Hape lhoooo) DJPonline... untuk pengguna pertama kali kita daftar dulu ya jeeengg ... masukin NPWP dan Nomor EFIN yang kita dapat dari KPP, trus isi captcha yang muncul di box kode keamanan...setelah itu pilih verifikasi. Gak lama muncul email dari efilling@pajak.go.id tercinta, disana kita diberikan link tautan untuk aktivasi. Dan Voilaaa saya langsung teraktivasi. Inget ya saudara-saudara linknya cuma berlaku 1x24 jam...selanjutnya kalau ada masalah silakan hubungi kring pajak di 1500200.

Setelah itu kita login ulang dengan password baru (saya lupa gimana akhirnya bisa ada password :p)
Berhubung 1721A1 dari kantor saya ada kesalahan jadi belum diberikan yang baru sedangkan saya sudah cuti, jadi saya belum bisa lapor sekarang ... hikss..seenggaknya udah tenang saya kalau si Kael udah lahir gak perlu cape-cape urus pajak keluar rumah.

Maju terus pajak Indonesia ... semoga semakin banyak orang sadar pentingnya bayar Pajak.
Asal jangan ada berita soal korupsi pajak aja ya yang buat orang males jadinya.





No comments:

Post a Comment

KEHILANGAN

Kehilangan orang terdekat yang terpatri dalam ingatan saya hanyalah Nenek dari Mama dan Suami dari Sepupu. Terpatri karena kejadiannya saat...