Wednesday, December 28, 2016

Perpanjang Paspor Online II

Buseet imigrasi Kanim I tangerang udah berubah oiii... 
Yang dulu berantakan sekarang udah teratur. 

Terakhir saya kesana adalah tahun 2010 saat pembuatan Paspor pertama kali. Semua dilakukan secara manual. Pagi-pagi antri untuk ambil nomor penyerahan dokumen pada hari itu. Tiga hari berselang ambil antrian lagi untuk wawancara dan foto. Huaaah ribet deh. Mana tempat tunggu juga tidak memadai. 
Tapi wowww alangkah kagetnya ketika saya berkesempatan memperpanjang paspor lagi di Kanim I Tangerang pada hari Rabu tanggal 28 Desember 2016. 

Begitu masuk pintu gedung kita disambut oleh customer service. Disini tempat pengecekan dokumen yang akan dilampirkan pada pengajuan paspor baru atau perpanjang. Begitu pengecekan selesai, dokumen akan dimasukkan kedalam map dan diberikan nomor urut. 
Lalu kita akan diarahkan ke sebelah kiri. 

Disini tempat wawancara dan foto. Tempatnya full kaca jadi dari luar bisa lihat aktivitas didalam. Berisi 4 counter yang akan melayani kita. Dengan alat pemanggil otomatis diatas pintu ruangan, mempermudah kita menunggu. 

Saya datang agak kesiangan, sampai sana jam 8 kurang. Berhubung saya belom mempersiapkan fotokopi dokumen jadi saya fotokopi dulu di koperasi yang terletak di belakang gedung. 
Alhasil saya mendapatkan nomor antrian 3-048. 
Dokumen yang dibutuhkan untuk perpanjang yaitu :
  • KTP asli dan copy ( kertas A4)
  • Kartu Keluarga asli dan copy 
  • Paspor Lama dan copy
  • Akta Lahir dan copy (kalau gak ada bisa diganti ijazah/yang ada keterangan nama orangtua)




Untuk para lansia atau bayi akan diberikan nomor prioritas. Dan para petugas biasanya membantu dalam antrian. 


Saat itu ada petugas imigrasi ( Bpk. Tarmin Satiawan ) yang datang dan memberi wejangan kepada kami. Dia minta bantuan kita agar tidak ada lagi pungli di imigrasi. Beberapa banner tentang dokumen yang dibutuhkan dan soal pungli juga berdiri manis didepan ruangan. 


Saya masuk sekitar jam 9an dan dilayani di counter 4. 
Pertanyaan umum yang ditanyakan adalah mau kemana? hahaha ya saya jawab jalan-jalanlah pak.
Petugas senyum dikit sambil sibuk ngisi data di komputer.
Foto ini saya ambil ketika petugas lagi bantuin temannya di counter lain.

Gak sampe sepuluh menit saya selesai difoto dan diminta datang kembali hari Selasa tanggal 3 Januari 2017. Jangan lupa membawa tanda terima permohonan saat pengambilan. 

Di customer service saya sempat bertanya apakah dalam pembuatan paspor anak perlu paspor aktif kedua orangtuanya? katanya iya, harus aktif semuanya. Tapi begitu saya tanyakan pada petugas counter 4 ini katanya menurutnya bisa aja, kan ada fotokopinya. Hahaha jadi mana yang benar ini ya?

Oh iya bagi kalian yang mengajukan paspor secara online akan berada di ruangan AC. Sedangkan yang mengajukan datang langsung akan berpanas-panas ria di belakang gedung, tempat wawancara dan foto yang lama. 

itu yang duduk adalah antrian pembuat paspor manual
Lihatkan betapa enaknya kalau lewat online? hihi gak perlu repot untuk scan dokumen kayak versi sebelumnya.


Di Kanim I juga disediakan ruangan menyusui. Saya sih tidak berkesempatan untuk melihat kedalam karena saat itu saya datang sendiri. Letaknya juga mudah dilihat kok.
Sayangnya untuk toilet masih kurang memadai. Saat itu hanya satu toilet wanita yang dapat berfungsi. Semoga diperbanyak yak untuk toilet wanitanya. 



Pokoknya maju terus Kanim I Tangerang.



xoxoxo
-anita-

No comments:

Post a Comment

ADAPTASI

Setelah empat tahun empat bulan bekerja di perusahaan terakhir, akhirnya saya menyerah juga untuk double job sebagai pekerja plus merawat a...