Monday, April 17, 2017

[ My1stBaby ] Alergi karena Virus

Sebagai Mom yang mempunyai riwayat alergi tentu saja kepikiran apakah anak saya akan memiliki alergi yang sama seperti saya? atau  kebal seperti ayahnya? 
Nyatanya berdasarkan informasi yang saya ketahui dari om google, tingkat risiko alergi pada anak saya sebesar 20-30% yang disebabkan warisan dari pihak saya. Hiiiks, warisan kok dalam bentuk alergi yo.

Sabtu pagi jadi hari pertama Kael mengalami alergi. Awalnya juga saya gak ngeh, karena saya pikir tidur Kael gak nyenyak karena memang waktunya untuk bangun. Karena saya masih teler, akhirnya minta suami untuk urus Kael dulu. Dipikir suami malah popoknya penuh, akhirnya setelah ganti popok suami baru ngomong :'kok ini badannya Kael pada merah-merah?'
Jreng-jreng langsung melek dan periksa semua badan Kael. Bagian perutnya udah bentol-bentol merah, bagian kening-hidung-pipi memerah, bagian kakipun tidak luput diserang. Kael bahkan berkali-kali berusaha melepas popoknya yang setelah saya periksa ternyata bagian perut bawahnya juga ikut-ikutan memerah. Dengan muka merah dan wajah bengong, Kael berusaha menggaruk perutnya yang kelihatan buncit itu. Adduuuh mau ketawa kok kayaknya gak tepat ya. T_T

Langsung dah siap-siap ke dokter. Kalau gak ditangani secepatnya, kasian Kael harus menahan rasa gatal itu. Mom tau rasanya Nak...sabar ya. Kami memutuskan ke Carolus saja, eh sampai sana kaget kok ramai banget. Ini pada liburan ke rumah sakit apa???
Tadinya mau ke Dsa Ruth eh antriannya panjang beneeeer, jadinya balik ke Dsa Kartika aja deh. Gak sampai setengah jam setelah ukur berat badan dan lain-lain, nama Kael dipanggil deh.

Diperiksa dan ditanya makanan terakhir Kael apa saja, dan melihat dari jenis bentolnya yang kecil-kecil sih katanya alergi makanan.

What???alergi makanan??? kok bisa? perasaan selama Jumat itu Kael cuma makan Empal goreng, Roti Chocochips, Pisang, Ayam Goreng Karawaci doang deh. Hahaha abaikan makanan ala kadarnya ini ya. 



Dsa Kartika bilang kemungkinan Kael terkena virus yang menyebabkan daya tahan tubuhnya menurun dan alergi  berhasil  menyerang pertahanan tubuh Kael. 
Nah kalau menurut pandangan saya sebagai pewaris gen alergi, kayaknya Kael ini kena alergi debu. 
Kemungkinan terjadi saat di tempat makan Ayam Goreng Karawaci di Cimone, dimana tempatnya itu baru buka dan agak sedikit sumpek ya lalu Kael sempat pegang-pegang gerbang besinya. 
Kemungkinan selanjutnya adalah saat Kael ikut nyuci baju sama saya didepan, kena air dan debu-debu dekat tempat cuci. Tapi itu saya mandikan lagi kok, dia mandi berkali-kali hari itu.
Kemungkinan yang baru adalah saat Ibadah Jumat Agung, Kael sempat saya baringkan diatas playmat Lantai 3 Ruang Ibadah, disana itu banyak anak-anak yang kita gak tau ya sedang membawa 'sakit' apa. Dia sempat bangun dan bermain bersama anak-anak lainnya. 

Dsa Kartika meresepkan tiga obat cair : Obat Alergi, Obat AntiVirus dan Obat Lambung plus Caladine Cair. Sempat ada drama saat obat Alergi yang baru diambil di apotik pecah dan bocor gara-gara tersenggol Kael, jadilah buru-buru beli baru. 

Setelah dari rumah sakit eh suami malah ngajak makan ke tempat jauh, udah mau nyampe Muncul malah. Buseeet naik motor pula dan panaaas gila. Saya udah marah-marah aja ke suami begitu kena macet, soalnya ya kasian Kael. Lagi Alergi gini gak bisa kena panas, pasti gatal dan gak nyaman. Ya meski Kael sempat rewel tapi akhirnya tertidur saat kena sepoian angin. Maafkan kami ya Nak. 

Pulang rumah langsung ganti baju yang adem dan Kaelpun tertidur lagi. Efek obat ama tidur malam gak nyenyak nih. Terus saya kepikiran dengan essensial oils lavender dari Youngliving yang saya punya, kan itu oil serba guna dan digandang-gandang memiliki manfaat untuk alergi juga. Jadi saya campur lavender oil dengan Minyak Kelapa dan saya oles pada seluruh badan Kael. Lumayan berefek pada tidur Kael, jadi lebih lama dan tenang.

Ya sampai hari Senin pagi sih merah-merah dikulitnya sudah hilang. Cuma disarankan dokter untuk Obat Alergi-nya diminum selama lima hari, takut alerginya muncul lagi. Dan selama seminggu disarankan tidak makanan jenis lauk selain sapi dan babi. Tapi ya susah yoooo, semalam aja akhirnya makan ikan juga. 

Dan untungnya (Aduh Indonesia banget ya di segala cobaan masih pikir untungnya :p )Kael alerginya hanya berdampak pada kulit saja, tidak sampai muntah atau sesak napas. Emang alergi saya banget dah. Hahaha #nangissambilketawa

Kalau udah kayak gini mesti sedia obat alergi deh. 



Emak Pewaris Alergi.

-anita- 







No comments:

Post a Comment

BELI DI AIRFROV ATAU LIVE SHOPPING JASTIP ???

Sebelum kepergian ke Thailand, suami sempat mengenalkan saya pada aplikasi jasa titip online yaitu AIRFROV. Lumayan bagus sih reviewnya, ma...