Saturday, June 10, 2017

[ My1stBaby ] Rekap Imunisasi Kael (I)

Dulu kalau orang ngomongin mahalnya imunisasi selalu mikir 'ah masa sih' atau ' itu vaksinnya di RS kali, coba kalau di klinik atau puskesmas mungkin lebih murah' dan bla bla bla.
Nyatanya pas kejadian ama diri sendiri baru ngerasa kalau imunisasi itu emang muahaaaaall. Hahaha so buat yang masih belum punya anak mending siapin dana untuk imunisasi anaknya kelak ya.

Apa sih imunisasi itu? 
Imunisasi merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya suatu penyakit dengan cara memberikan mikroorganisme bibit penyakit berbahaya yang telah dilemahkan (vaksin) kedalam tubuh sehingga merangsang sistem kekebalan tubuh terhadap jenis antigen itu dimasa yang akan datang. 

PEMBERIAN IMUNISASI DASAR PADA BAYI DAN BALITA.

Inilah beberapa alasan Kenapa imunisasi dasar penting untuk diberikan?
  1. Imunisasi diberikan agar bayi siap dengan lingkungan baru (luar kandungan) karena tidak ada lagi kekebalan tubuh alami yang di dapatkan dari ibu seperti saat masih dalam kandungan.
  2. Apabila tidak dilakukan vaksinasi dan kemudian terkena kuman yang menular, kemungkinan tubuhnya belum kuat melawan penyakit tersebut.

Manfaat imunisasi dasar lainnya

1. Untuk menjaga daya tahan tubuh anak.

2. Untuk mencegah penyakit-penyakit menular yang berbahaya

3. Untuk menjaga anak tetap sehat

4. Untuk mencegah kecacatan dan kematian.

5. Untuk menjaga dan Membantu perkembangan anak secara optimal. Dan lain-lain
(sumber disini)

Kael memakai jadwal imunisasi rekomendasi IDAI tahun 2014, dimana sudah tercetak didalam buku kesehatannya. 

Jadwal Imunisasi 2014

Namun dalam website resmi IDAI sudah ada jadwal imunisasi terbaru 2017. 

Jadwal Imunisasi 2017
Berhubung Kael dari awal memakai jadwal imunisasi tahun 2014, maka saya lanjutkan saja sesuai jadwal tersebut.

Ini saya rekap imunisasi yang sudah dilakukan Kael agar jadi pengingat juga.
1. Baru Lahir     : Hepatitis B (1) dan Polio (0)
2. Usia 1 Bulan   : Hepatitis B (2)
3. Usia 2 Bulan   : Polio (1)  + BCG  + DTP (1) + Hib (1) +   
                    Rotavirus (1)
4. Usia 4 Bulan   : Polio (2) + DTP (2)+ Hib (2) + Rotavirus (2)
5. Usia 6 Bulan   : Hepatitis B (3) + Polio (3) + DTP (3) + Hib (3)+
                    Rotavirus (3) 
6. Usia 9 Bulan   : Campak
7. Usia 12 Bulan  : PCV (1)
8. Usia 14 Bulan  : PCV (2)

Tadinya tidak punya rencana untuk PCV , apalagi baca-baca harganya yang lumayan mahal. Toh dokter di Carolus kayaknya gak bilang apa-apa sejak jadwal pertama PCV terlewat. 
Eh akhirnya pas umur setahun mau imunisasi Cacar Air (Varisella) ,dokternya menyarankan imunisasi PCV dahulu. Hahaha akhirnya terwujud juga ya meski pas liat tagihan nyeseeeekk aku Nak.
Makanya Kael imunisasi PCV setelah lewat 1 tahun, biar cuma 2 kali cuss doang. Hihihi bener-bener pelit ya. Mungkin kalau mau lebih pelit lagi suntiknya pas diatas 2 tahun biar sekali doang. Cuma kalau ditengah jalan kena sakit duluan amit-amit deeh.


Beruntung kantor suami menanggung beban imunisasi dasar jadi lumayan terbantu deh sebelum ini. Namun sekarang untuk imunisasi tambahan kami harus pintar-pintar cari tempat imunisasi soalnya kan pakai uang pribadi. Untung mengenal Rumah Vaksinasi BSD sebelumnya , dimana kita tidak dikenakan charge biaya konsultasi dokter dan biaya imunisasinyapun lebih murah ketimbang di rumah sakit. 

Sebagai contoh perbandingan imunisasi PCV Kael kemarin :
PCV (1) dilakukan di RS Omni dikenakan charge dokter 350.000 + admin 50.000 + Imunisasi 850.000 ... saya gak sanggup totalinnya T_T.
Nah untuk biaya dokter saya bingung sebenarnya, karena beberapa bulan sebelumnya sempat kesana untuk periksa Kael yang batuk pilek cuma 200-250ribuan deh tapi kok sekarang 350ribu?apa karena pakai asuransi kantor?atau emang udah naik biaya dokternya ya? (per April 2017)
Nah untuk di PCV (2) dilakukan di Rumah vaksinasi BSD, hanya dikenakan charge adm 10ribu dan biaya imunisasi 750.000 .... luaaarrr biasa. 
Meski harus menempuh perjalanan agak jauh (Tangerang kota - BSD) tapi sebanding deh ama selisih uangnya. Hahaha #emakperhitungan

Jadi bagi kalian yang mau imunisasi anak atau dewasa coba deh hubungi rumahvaksinasi terdekat, siapa tau bisa menghemat biaya dokter. Disini meski gak ada biaya dokter tapi ada dokter yang bisa diajak konsultasi tumbuh kembang anak. Apalagi kalau bayarnya pakai uang pribadi kan lumayan hemaaaat.

Kenapa saya tidak mencari klinik terdekat? 
Mungkin karena saya sudah terlanjut jatuh hati ama Rumahvaksinasi ini. Teman saya kalau vaksinasi di Klinik dekat rumahnya, ada biaya dokternya dan kalau mau imunisasi tambahan yang jarang orang pakai mesti booking dulu baru tersedia. Jadi daripada repot cari-cari lagi ya sudahlah. 






Salam Emak Pro Imunisasi,


-anita-




LOKASI & INFO RUMAH VAKSIN BSD















No comments:

Post a Comment

BELI DI AIRFROV ATAU LIVE SHOPPING JASTIP ???

Sebelum kepergian ke Thailand, suami sempat mengenalkan saya pada aplikasi jasa titip online yaitu AIRFROV. Lumayan bagus sih reviewnya, ma...