Sunday, January 21, 2018

BELI MESIN JAHIT DI TOKOPEDIA

Meski sudah lama punya keinginan untuk membeli mesin jahit tapi selalu maju mundur cantik dan berakhir batal. Alasannya tentu tidak lain tidak bukan adalah takut cuma sekedar wacana belaka doang. Masak pagi aja enggak ada waktu malas apalagi buat menjahit yang butuh proses panjang.

Sudah lama enggak beli pakaian, kemarin lumayan kaget juga pas window shopping menyambut Imlek 2018. Dengan harga baju segitu kok kayaknya ada aja yang kurang menurut saya. Entah modelnya yang 'aneh', bahannya yang enggak suka atau ujung-ujungnya ya harganya yang enggak saya suka. Hahaha.
Dan awal tahun 2018, keinginan itu kembali muncul memenuhi pikiran dan hasrat saya. Demi #goals2018 yang ada di hati saya - hahaha- akhirnya saya kembali melakukan pencarian melalui internet. 

Walau sebenarnya kalau terpaksa, bisa saja belajar menjahit menggunakan Mesin Jahit Singer Hitam Jadul lungsuran Nenek yang masih ada di rumah Mama. Mesinnya sendiri sudah di modifikasi Papa sehingga kini memakai dinamo, bukan lagi manual. TAPIKAN rasanya gimana gitu, pengen aja punya yang baru. Haha.

Setelah bergalau-galau ria menengok beberapa tulisan tentang mesin jahit yang dipakai, akhirnya saya memutuskan membeli mesin jahit Singer Heavy Duty 4423.
" Memilih mesin jahit sama aja seperti memilih barang lainnya. Semua kembali pada diri kita sendiri. Orang lain cocok belum tentu sama kita cocok. "
Setelah memutuskan akan membeli mesin jahit ini, saya sebagai istri yang menjunjung tinggi doa suami langsung dong minta ijin. Meski duitnya mah tetep dari dompet sendiri.

Kenapa saya memilih Heavy Duty Singer 4423? 

Karena oh karena, mesin jahit ini bisa bekerja di semua bahan kain, dari tipis hingga tebal. Berhubung saya memiliki impian membuka usaha butik atau membuat craft yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang , jadi pasti membutuhkan mesin jahit yang mumpuni. 
Tadinya mau merk Janome, tapi belum heavy duty. Dan harganya beda tipis, jadi pilih ini aja deh.

*** 

Selain galau menentukan beli mesin jahit yang mana, ternyata galau lagi masalah beli dimana. Kalau menurut review, kebanyakan orang merekomendasikan datang ke toko mesin jahit yang ada di daerah Glodok sana. Tapi mikir lagi biaya-biaya tambahan beserta waktu yang harus saya keluarkan #emakperhitungan.

Daripada repot mikirin kendaraan, ongkos dan gimana caranya bawa pulang mesin jahit berukuran besar nan berat ini, mending pilih yang praktis-praktis aja. ONLINE SHOP!!!

Akhirnya saya memilih TOKOPEDIA. Tinggal cari produk dan pilih. Diantara banyak pilihan, saya menemukan tawaran ini dari Service Jaya Supply.
Dengan adanya menu 'Diskusi Produk', saya bisa bertanya dulu kepada penjual mengenai produk ini. Sangat terbantu sekali pokoknya, enggak usah repot-repot telepon atau chat tersendiri. 

Setelah deal dengan penjual, saya mulai memproses transaksi ini.



Nah karena saya ini anak akuntansi, jadi soal cash atau kredit juga mesti dipikirkan matang-matang.
Bisa saja saya bayar cash, tapi kalau bisa di kredit tanpa kena biaya kan lebih bagus. Uang yang ada sekarang bisa dipakai untuk hal lain. Lagian untuk pembelian mesin jahit yang bisa dibilang untuk hal produktif, enggak apalah ngutang juga. Hahaha asas macam apa ini ya. 

Oh iya harga mesin jahit Singer Heavy Duty 4423 ini adalah 3,2juta ya. Mahal? Iya emang mahal sih. Haha. 
Awalnya bingung mau beli tanpa bonus atau yang udah paketan gini, tapi karena saya adalah orang yang malas ribet jadilah pilih paketan gini - meski katanya bonus. Eits enggak mau rugi dong, saya minta bonus tambahan berupa cutting mat A2 dan bobbin yang diiyain ama penjualnya. Uhuuuy seneng daku penjual kayak gini!

Toko ini melayani pengiriman melalui Go-Send, dikenakan biaya 20ribu untuk layanan tersebut. See, kalau ongkos kesana sendiri lebih dari itu kan. 

Dan karena saya menggunakan cicilan kartu kredit selama 6 bulan kedepan, total harga yang harus saya bayar adalah 3.278.450 rupiah. Lebih detailnya ada biaya layanan sebesar 48ribuan. Tentu kalau memilih cicilan 12 kali, biayanya lebih besar lagi. Semoga hasilnya bisa balik modal. Haha.

Kita bisa mengecek status pesanan kita setiap saat. Bahkan jika menggunakan layanan Go-Send, akan ada sms dari Gojek berisi link GPS GoJek yang mengantar barang kita. Duuuh, aman bener deh. 
Sekitar jam setengah tujuh, pesanan saya tiba dengan selamat. Barang dibungkus bubble wrap. Enggak sabar buat mengecek keberadaan bonus.


Packaging

Bonus

Dan dengan adanya tulisan ini maka akan ada Label baru di blog saya, SewTalks.

Semoga mesin jahit ini benar-benar dipakai ya.


Salam Calon Penjahit,


-anita- 

No comments:

Post a Comment

CERITA TENTANG PLAYGROUND BERBAYAR

Kalau boleh jujur, waktu masih kecil rasanya saya beserta adik kakak tidak pernah merasakan bermain di playground berbayar layaknya Kael se...