Thursday, March 15, 2018

MELAWAN ANYANG-ANYANGAN DENGAN URI-CHAN

Yang namanya pekerja kantoran pasti biasa deh melakukan ini, menahan buang air kecil. Alasannya ya karena nanggung, pas udah sempet malah harus mengantri dulu. Eh keterusan dari hamil sampai melahirkan, jadi sering banget menunda buang air kecil ini. Saya pikir tidak masalah, toh cuma berefek merembes sedikit. Celana dalam basah bisa diganti kok.

Ternyata eh ternyata ...

Menahan buang air kencing terus menerus dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Dan Wanita lebih rentan terkena infeksi saluran kemih karena jarak antara saluran kemih (uretra) ke saluran pembuangan air besar (BAB) lebih dekat, sehingga rentan mengalami gangguan di seputar saluran kemih. Iiiih ngeri ya. 

Banyak orang (saya ngacung jari duluan) yang belum mengenal penyakit infeksi ini. Nih ya saya kasih tahu, salah satu indikasi dari penyakit ini adalah ayang-ayangan anyang-anyangan. Tau gak??? Pasti banyak yang belum tahu deh...hehehe. Tenang saya juga baru tahu kok.

APA SIH ANYANG-ANYANGAN ITU?

Menurut dokter ahli urologi dr. I.B. Tatwa Yatindra, Sp.U., anyang-anyangan merupakan suatu gejala akibat berbagai masalah karena terjadi frekuensi berkemih menjadi lebih sering dari biasanya. Namun, volumenya sedikit-sedikit. “Gejala ini merupakan tanda telah terjadi sesuatu pada saluran kencing bagian bawah khususnya masalah  dalam penyimpanan air seni di kandung kencing,” jelasnya.
PENYEBAB ANYANG-ANYANGAN? 



Dari kebiasaan sepele seperti menahan buang air kecil, memakai pakaian dalam yang kotor, cara membasuh yang salah, sampai memakai toilet yang kotor bisa menyebabkan bakteri e.coli menempel pada dinding saluran kemih, itulah penyebab anyang-anyangan.

Kok kayaknya kebiasaan yang saya lakukan disebut semua ya.

TANDA MENGALAMI ANYANG-ANYANGAN :
  • Hasrat berlebih untuk buang air kecil
  • Buang air kecil lebih sering namun dengan volume sedikit-sedikit
  • Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita
  • Menimbulkan Gelaja nyeri pada anus jika terjadi pada pria
  • Rasa perih ketika buang air kecil
  • Urine berbau menyengat, lebih pekat dan kadang mengandung darah
  • Merasa lelah dan kurang sehat
  • Demam

Duh beruntung saya lebih cepat mengenal penyakit ini sehingga saya belum mengalami sakit buang air kecil. Jangan salah lho, anyang-anyangan adalah penyebab sakit saat buang air kecil.

 
CARA MENCEGAH ANYANG-ANYANGAN :

Ini nih yang paling penting. Nyatanya minum banyak air putih saja tidak cukup untuk mencegah anyang-anyangan. Karena bakteri e.coli yang sudah menempel pada dinding saluran kemih harus diobati dengan benar. 

Nah solusi paling alami adalah mengkonsumsi buah cranberry. Jus cranberry diketahui efektif mencegah infeksi saluran kemih karena buah ini mengandung proantocyanidin yang bisa menangkap bakteri e.coli sehingga bakteri tersebut tidak jadi menempel. Hebat ya.

Tapi masalahnya adalah apaan tuh buah cranberry??? saya enggak pernah nemu buah itu di pasar tradisional ataupun supermarket umum, berarti susah didapat dooooong???Kalaupun ada pasti muahaaal ya. 

Eits tenang dulu. Kulit manggis aja ada ekstraknya, masa buah cranberry enggak ada sih. Hihi

Combiphar mengeluarkan produk kesehatan terbaru untuk mengatasi masalah anyang-anyangan ini yaitu Prive Uri-Cran. Dengan dua varian berbeda, Prive Uri-Cran isi kapsul dan Prive Uri-Cran plus Probiotic + Vit C isi serbuk. Keduanya mengandung ekstrak buah cranberry yang dapat mengatasi susah buang air kecil karena masalah anyang-anyangan.



Nah beruntung saya menerima dua sample produk Uri-Cran yang bentuk sachet. 





Cara penyajiannya mudah, tinggal larutkan dengan air. Lebih enak pake es batu kayaknya. Rasanya pun enak, berasa minum jus buah asli.


Info lebih jelas silakan kunjungi :
Uri-Cran
Facebook 
Instagram   

 
Mari menjaga kesehatan saluran kemih untuk hari esok yang lebih sehat !




Thanks,


-anita-

 




1 comment:

  1. Iya nih kebasaan buruk berakibat Ayang-ayangan soalnya gampang banget dilakuin, makanya harus berubah ya

    ReplyDelete

MENCAIRKAN BPJS KETENAGAKERJAAN 2019

Zaman sekarang tuh segalanya dipermudahkan banget deh rasanya., contohnya saja urusan hal mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT) dari BPJS ...