Wednesday, March 21, 2018

PROSES MENYAPIH KAEL

Kalau dikatakan lulus S1 ASI itu adalah selama enam bulan full si anak hanya diberikan ASI, maka Kael bisa dinyatakan gagal. Padahal tinggal sedikit lagi masa itu terlewati, tapi banyak pihak sudah gatal menjejali Kael dengan buah-buahan. Aaah, sudahlah. Sejak saat itu saya sudah merasa gagal sebagai Ibu Sempurna. 

Sembilan bulan saya bertahan memompa ASI di kantor. Saya ingat menjelang imlek tahun 2017, saya menyerah tidak lagi memompa ASI. Kael akhirnya minum susu formula, Chil Mil 2 dari Morinaga. Sayangnya saya tidak bisa bernapas lega begitu saja, Kael tetap minta nenen sewaktu saya berada di sisinya. 

Begini ya, Kael itu hanya mau menyusu di botol saat tidur di ayunan. Selebihnya ya minum susu UHT atau nenen sama saya langsung. Kalau dia lagi melek, mana mau dia nyedot tuh susu di botol. Pinter!

Alhasil karena saya malas lagi memompa, ya saya turutin deh permainan Kael. Makanya begitu pulang ngantor, dia langsung minta nenen meskipun sebelumnya baru bangun tidur. Kalau weekend udah puas dia minta nenen terus. Makanya selama ini pula, baju yang saya pakai masih seputaran kemeja berkancing. Mamak rindu pakai kaos, Nak. 

Nah menjelang umur dua tahun, saya sudah mulai memberitahu Kael kalau setelah dua tahun harus berhenti nenen. 'Dua tahun berhenti nenen' 'no no nenen'' Kael udah gede ya jadi no no nenen'. Begitu ucapan saya selama dia nenen di malam hari. Selama itu pula Kael udah bisa mengikuti kata-kata saya, meski dalam prakteknya tetap merengek minta nenen. 

Beberapa minggu sebelum hari H - umur Kael 2 tahun - saya semakin mengucapkan mantra-mantra itu sembari menghitung mundur. Sayangnya kok saya merasa Kael semakin lama ya nenennya, biasanya kalau dia udah terlihat tertidur bisa saya lepas eh ini ternyata terbangun lagi dan merengek minta nenen lagi. Bener-bener cobaan ya. Saya kangen tidur nyenyak. 

Semoga dalam proses menyapih total Kael ini terlewati tanpa drama.


Tapi balik lagi pada diri saya sendiri, apa saya sudah siap menyapih total Kael?


Happy Birthday Kael. 
Semoga Mami selalu sabar menghadapi kamu ya.
Semoga gak ada drama terrible two ya.
 

 


Thanks,

-anita-
 

No comments:

Post a Comment

BELI DI AIRFROV ATAU LIVE SHOPPING JASTIP ???

Sebelum kepergian ke Thailand, suami sempat mengenalkan saya pada aplikasi jasa titip online yaitu AIRFROV. Lumayan bagus sih reviewnya, ma...