Monday, May 28, 2018

CIMB NIAGA DREAM SAVERS - TABUNGAN MERAIH MIMPI

Tahun ini kami sedang menabung untuk liburan panjang di bulan Februari taon depan. Kira-kira masih ada jangka waktu 9 bulan lagi? Lama? Iyak ... tapi apa daya memang harus direncanakan jauh hari.   
 
Jadi ceritanya itu di awal bulan maret ini ada promo kursi murah Air Asia, nah adek saya itu udah beli duluan tiket PP ke Thailand seharga 1,2juta terus pamer di grup WA. Katanya sih termasuk murah. 

Berhubung saya emang lagi niat banget ke Thailand, akhirnya saya pun tergoda untuk beli dan berhasil membujuk Ci Hera untuk ikutan juga. Terus pas waktu-waktunya deal tiket dengan penerbangan yang sama dengan adik saya kok rempong. Air Asia lama bener proses pembayarannya, akhirnya ujung-ujungnya saya pakai Traveloka. Hargapun sama kok, enggak ribet pula. Cuma efek kelamaan deal tiket jadinya harga pergi kami lebih tinggi 200ribu. Tak apalah yang penting jadi.

Urusan tiket udah lunas saat itu juga, kebetulan ada dana cadangan di tabungan. Ternyata berguna sekali ya punya dana darurat itu. Haha

Nah berhubung kali ini kami berniat enggak mau liburan sengsara, jadi kami harus menabung dari sekarang untuk biaya akomodasi selama disana. Kami buat patokan minimal bath yang harus dibawa. Itu artinya setiap bulan ada uang yang harus dipisahkan.

Awalnya sih niatnya menabung di tabungan yang sudah ada sebelumnya saja, dicampur dengan tabungan dana darurat tapi kok takut kepake ya.

Jadilah kepikiran buat tabungan baru khusus untuk liburan kami ini. Untung punya tabungan CIMB Niaga, dimana mempermudahkan kita bisa membuat tabungan melalui internet banking yang dikenal CIMB CLICKS. Enggak perlu repot-repot ke CS deh.

Pastikan USER ID dan PIN tidak diketahui orang asing ya!

Cara membuat tabungan inipun mudah sekali. Tinggal klik.

Pilih menu Produk & Servis Baru lalu pilih produk yang kamu mau. Setelah membaca informasi yang terkait produk tersebut kita akan diminta untuk mengisi beberapa data.


Berhubung waktu liburan kami hanya tersisa 9 bulan lagi maka tenor yang saya ambil adalah 6 bulan. Berarti jatuh tempo tabungan ini akan cair di bulan Desember 2018. Setelah memasukkan mPIN yang kita dapat dari SMS 14041, transaksi pembuatan tabunganpun selesai.

Mudah dan cepat.

Sampai berjumpa bulan Desember!




Thanks,


- Mamih Awe-

Tuesday, May 22, 2018

[ FILM BARAT ] BAD MOMS - KELUAR DARI PERSEPSI IBU HARUS SEMPURNA

Teruntuk bagi para moms yang mendedikasikan waktunya untuk anak ...
You're always be a great mom ever!

Film ini menceritakan tentang perjuangan para ibu-ibu.

Diceritakan Mila Kunis sebagai Amy Mitchell, seorang perempuan muda yang menghabiskan harinya dengan sibuk mengurus kedua anaknya dan pekerjaan. Rutinitasnya adalah sekolah dan kantor. 

Suatu malam ia menangkap basah suaminya sedang melakukan sex online dengan seorang cewek, penuh kekecewaan diapun mengusir suaminya. Namun dia tidak berani memberitahukan kebenarannya pada kedua anaknya. 

Urusan keluarga dan pekerjaan belum selesai, sudah diganggu oleh ketua PTA (kumpulan orangtua murid) meminta Amy menjadi ketua penjualan kue untuk penggalangan dana di sekolah. Semua itu membuat Amy akhirnya berada diambang batas kesabaran. Diapun memilih keluar dari anggota PTA.

Ditengah kekacauannya, Amy masuk kesebuah bar dan bertemu dengan Carla Dunkler (Kathryn Hahn) - seorang janda nyentrik, disusul Kiki - ibu 4 anak yang polos. Merekapun memulai pertemanan mereka dengan saling melontarkan fantasi mereka sebagai ibu.

" Sarapan dengan tenang sendirian "
Yang diatas sih fantasi emaknya si Amy ... dan emaknya bener banget kan. Udah punya anak sih mau makan dan mandi tenang aja rasanya kayak mimpi.

Lebih gelo lagi sih fantasi Kiki. Polos-polos gitu fantasinya nyeremin ya... hahaha tapi lumayan sih idenya.
" Ketika sedang menyetir sendirian, aku memiliki fantasi mengalami kecelakaan mobil. Cuma kecelakaan biasa tapi aku terluka dan dirawat di RS selama dua minggu. Lalu aku tidur seharian dan makan jeli serta nonton TV. Dan itu semua ditanggung asuransiku. Anak-anakku memberiku balon dan perawat mengoleskan krim  di kakiku"
Difilm ini kayaknya benar-benar mau mengungkapkan bagaimana pemikiran para orangtua - terutama para mama- dalam menjalani tugasnya. 
" Kita menyiksa diri,berusaha jadi sempurna dan itu bikin kita gila" - Amy
" Jaman sekarang itu mustahil jadi ibu yang baik" - Kiki

Malam itu mereka menggila di supermarket. Yang ini sih jangan dicontoh ya, selain ujung-ujungnya merugikan kamu karena harus ganti rugi segala kerusakan yang telah kamu lakukan. Kamu juga enggak mau ada video viral kegilaan kalian kan?

Sejak itu hidup mereka tidak lagi sama. Amy berubah menjadi ibuyang santai, tidak masalah memberikan makan siang bukan buatan rumah, lebih tegas mengenai pekerjaannya yang hanya seorang freelancer dan menikmati harinya. Diapun mengajak Carla dan Kiki bergabung.

Disinilah mereka bertemu dengan Kent -suami Kiki- yang membuat Kiki kembali harus pulang dan bertugas layaknya ibu rumah tangga pada umumnya. 

Di hari penjualan kue, Amy membuat Gwendolyn marah. Ketua PTA itu mengancam akan membuat hidup Amy dan anaknya berantakan, yaitu dengan membuat Jane menjadi pemain cadangan di pertandingan sepak bola. 

Amy yang berniat mengubah hidupnya dimulai dengan berkenalan dengan pria baru. Merekapun mendatangi sebuah pub. Sayangnya saking lamanya enggak flirting akhirnya malah gagal. Dari lupa melepaskan cincin kawing sampai obrolan khas emak-emak. Sampai akhirnya bertemu dengan Jessie - duda tampan incaran emak-emak di sekolah, merekapun mengobrol berdua hingga terciptalah percikan asmara. 


" Tapi hal yang paling sulit adalah membesarkan anak-anak agar sopan dan baik hati. Kamu adalah ibu yang luar biasa dan harusnya kamu bangga " Pujian Jessie pada Amy
Saatnya berperang melawan Gwendolyn. Amy yang kesal dengan ancaman ketua PTA itu akhirnya berusaha menjadi ketua PTA selanjutnya, demi melengserkan kekuasaan Gwendolyn selama ini. Diapun mencoba menarik simpatik para ibu-ibu di sekolah dengan mengundang ke pestanya.

Sayangnya pesta Amy kalah saing dengan pesta saingan yang dibuat Gwendolyn. Merekapun berakhir dengan memainkan sebuah permainan tebak kata dimana Amy selalu kalah dan harus minum. Dilain tempat, para tamu undangan Gwendolyn sudah mulai bosan dengan pidatonya dan menerima video keseruan pesta Amy. Akhirnya kemeriahanpun berbalik datang pada pesta Amy. Para ibu menggila. 



Dan Amy berhasil menaklukan hati Jessie diakhir pesta itu. 


Keesokan harinya Amy dan suaminya mendatangi konselor pernikahan. Disinilah mereka memang sama-sama merasa sudah tidak merasa cocok. Perceraian adalah jalan satu-satunya untuk mendapatkan kebahagiaan.

Ternyata Gwendolyn tidak menyerah begitu saja, dia masih saja mengganggu Jane dengan membuat Jane di skors karena kedapatan menyimpan rokok ganja di loker sekolahnya. Janepun marah pada Amy dan memilih tinggal dengan ayahnya.

Ditengah keterpurukan ditinggal kedua anak-anaknya, Amy harus menuntaskan usahanya dalam pertarungan calon ketua PTA baru.  Dengan pidato singkat tanpa persiapan, Amy berhasil mencuri simpatik ibu-ibu dan memenangkan pemilihan. 

Gwendolyn ternyata tidak sesempurna itu hidupnya. Dan itu menyadarkan kita bahwa tidak ada yang sempurna dalam hidup ini. 


Ibu itu enggak ada sekolahnya, sehingga ketika kita menjadi seorang ibu tidak ada satupun petunjuk yang pasti. Jadi wajar kalau kita berbuat salah tanpa harus merasa tertekan. 


So, buat para emak wajib banget nonton film ini. Ya meski film tahun 2016, tapi bukankah masalah emak-emak selalu sama?

Selamat menikmati film!



Emak Kael



 
 



Thursday, May 17, 2018

PINTAR MEMILIH ASURANSI

Tadinya mah boro-boro mikirin, waktu beli aja di tahun 2011 itu karena iseng aja mau beli dan kebetulan teman SMA nawarin. Dan polis itu masih aktif dengan premi 400ribu sebulan tanpa inget manfaat apa saja yang saya dapatkan. Hahaha.

Tiga kali saya klaim nilai uang polis tersebut, totalnya mungkin sekitar 7 juta dan sampai sekarang saya enggak ingat itu duit menguap dimana. Benar-benar tidak kepikiran investasi deh. 

Akhirnya tahun 2018 menjadi titik balik hidup saya. Kesadaran akan investasi mulai ada dan itu artinya saya harus mereview ulang segala pergerakan keuangan saya dan suami pastinya. Kami mau bebas dari kondisi dimana belum akhir bulan tapi dompet udah kembang kempis. Berasa banyak duit padahal cuma bon-bon utang. Apalagi udah ada Kael, tentu kami mau jadi orangtua yang bertanggungjawab. 

Setelah terpending lama akhirnya saya kembali membuka buku polis asuransi kami berdua dan alamaaak itu nilai manfaatnya kok udah enggak sebanding dengan nilai sekarang? Masa iya Uang Pertanggungan atas jiwa suami enggak lebih mahal dari mobil MPV terbaru? Hahaha, bodoh banget ya kami saat mengiyakan tawaran polis tersebut. 

Demi #lifegoals2018 saya akhirnya mengontak kembali teman SMA saya tersebut, dia masih aktif menjadi agen namun suaminya sekarang yang lebih aktif. Suaminya ya teman SMA saya juga. Lumayan kenal baik sampai-sampai kami bisa berbicara blak-blakan. 

Niatnya mau menutup polis asuransi saya yang ternyata lebih ke asuransi kesehatan. Dipikir-pikir enggak butuh karena selain limitnya kecil, toh kesehatan saya sudah di tanggung oleh perusahaan suami.

Berhubung duitnya enggak banyak, alhasil kami harus pintar-pintar cari asuransi jiwa yang sesuai dengan harapan. Jangan sampe tekor dooong!
 
Nah pilihan kami (lebih tepatnya saya, karena suami cuek aja)adalah asuransi jiwa murni. Seperti yang sudah saya bilang, untuk asuransi kesehatan sudah di tanggung oleh perusahaan kantor dengan limit yang lumayan besar untuk kami yang enggak pernah sakit keras (semoga gak terjadi). Dengan premi lebih murah, asuransi jiwa murni bisa memberikan uang pertanggungan yang lebih besar.


Di Commonwealth life, saya mendapat tawaran premi 3,5juta pertahun dengan uang pertanggungan 1 Milyar. Premi naik setiap tahun. Itu untuk usia saya dengan kondisi tidak merokok. 
Kalau dibandingkan dengan polis lama saya yang 4,8juta setahun tentu jauh banget. 

Sebenarnya saya masih penasaran dengan SunLife, banyak yang merekomendasi tapi saya belum sempat menelepon agennya. Jadi keburu ketemuan sama temen saya ini (setelah saya cancel dengan alasan hujan dan malas). Hahaha.

Setelah berdiskusi dan mengatakan sejujurnya keinginan saya biar enggak double biaya asuransi, teman saya ini menganjurkan mengubah polis asuransi kesehatan saya menjadi asuransi penyakit kritis. 

Secara ya enggak ada yang tahu penyakit apa yang bakal menghantam tubuh ini. Mungkin sekarang tidak ada gejala apa-apa, tapi bukankah penyakit jantung adalah penyakit paling mematikan yang bisa membunuh siapa saja dalam hitungan detik? 

Dengan premi tetap saya mendapatkan manfaat penyakit kritis, lumayan UPnya. Hehehe mesti enggak bisa menikmati setidaknya keluarga saya nanti bisa terbantu. 

Nah lain hal dengan asuransi suami. Berhubung dia buka polis pada mantan teman kantornya, saya harus bicara dulu sama beliau. Kata teman saya enggak enak untuk pindah agen dan begitu saya bertemu langsung dengan temannya itu serta meminta skema polis yang saya minta, ternyata enggak sesuai yang saya mau. Alhasil kami harus melupakan perasaan 'enggak enak' untuk menutup polis lama suami. 

Jadilah saya membuka polis baru untuk kebutuhan suami. Asuransi jiwa wholelife dengan premi 7,9juta setahun dan manfaat UP 2M. Lumayan mahal ya. 

Kenapa saya tidak jadi mengambil asuransi jiwa murni (termlife)? karena meski premi lebih murah tapi manfaat akan diterima hanya selama polis aktif dan nilai premipun semakin tinggi dengan bertambahnya usia. Sedangkan asuransi yang saya ambil, meski premi tergolong dua kali lipat tapi ada nilai uang yang bisa diambil untuk membayar premi.  Bingung? saya juga. Hahaha. 

Sungguh tulisan yang membosankan ya?
Tapi ini buat jadi bahan sharing aja, secara masih ada banyak orang diluaran sana yang buta dalam berasuransi. Padahal penting lho. Pintar-pintar mencari asuransi yang dibutuhkan, jangan cuma modal kata orang. Selidiki kebutuhan kamu dan jangan sampe jadi biaya sia-sia. 

Ayo berasuransi!



Thanks,

-Mamih Awe-


 

Monday, May 14, 2018

[ DRAMA KOREA ] LIVE - POLISI PUNYA CERITA

Sebelumnya saya berlangganan aplikasi berbayar untuk menonton film yang diinginkan, namun setelah dikalkulasi kok jadinya mahal juga ya. Selain harus membayar biaya langganan 100k untuk 6 bulan (untung perpanjangan terakhir pakai cashback dari Tokopedia) , saya juga harus menyediakan paket data untuk menonton film tersebut. Aaaah, kuota saya udah abis duluan sama Kael. Alhasil sebagai emak perhitungan, saya memilih situs lain. Maafkan saya VIU. Kamu bagus tapi berat di kuota. 
Jadilah sekarang saya beralih ke situs penyedia film-film terbaru, INDOXXI. Bebas tanpa perlu berlangganan, kekurangannya mau menonton drama berseri meski cari manual dan memulai awal. Gak bisa di save. Tapi film-film disini banyak banget, dari Anime sampai film yang sedang tayang di bioskop. Tentu masih dalam bentuk CAM (rekaman - yang pasti ilegal). Ada rupa ada baranglah ya.
Mari kembali ke topik ya. Kali ini saya lagi menyelesaikan drama korea LIVE yang berfokus pada seluk beluk aktivitas harian petugas kepolisian dalam menjaga kedamaian kota. 

Profile

  • Drama: Live
  • Revised romanization: Raibeu
  • Hangul: 라이브
  • Director: Kim Kyu-Tae
  • Writer: No Hee-Kyung
  • Network: tvN
  • Episodes: 18
  • Release Date: March 10 - May 6, 2018
  • Runtime: Sat. & Sun. 21:00
  • Genre: Police
  • Language: Korean
  • Country: South Korea

Sumber asianwiki
Pemeran utama Han Jung O itu yang jadi pemeran wanita hamil di Train To Busan dan saya baru ngeeeh setelah mengecek profilnya. Beberapa pemain pasti udah sering kita lihat deh. 

Dan waktu lihat Lee Kwang Soo peranin Sang Soo kok kayaknya serem ya mukanya ... haha berbanding terbalik saat dia syuting Running Man ya haha hihi. 


Sinopsis :

Cerita dimulai dengan flashback tahun 2015, tahun dimana Han Jung O dan Yeom Sang So sama-sama bermasalah dalam hidupnya. Tekanan ekonomi membuat mereka putus asa. Disaat itulah mereka melihat Poster Pembukaan Perekrutan Anggota Polisi. Keduanya kembali bertemu di pelatihan anggota polisi baru setelah berhasil lulus ujian perekrutan. Di camp pelatihan inilah mereka bertemu dengan Kapten Oh Yang Chon,yang diawal latihan sudah dibenci karena terlalu keras. 

Han Jung O, Yeom Sang So dan Song Hye Ri bersamaan memilih menjadi petugas patroli selama penilaian pra tugas di daerah Hongil karena menurut kabar lebih cepat untuk naik jabatan.  Disinilah mereka kembali bertemu Oh Yang Chon yang harus turun pangkat karena sebuah kasus yang menewaskan rekan sekerjanya. 

Bekerja sebagai petugas patroli ternyata tidak semudah kedengarannya. Mereka harus berhadapan dengan mayat pembunuhan, KDRT, pemerkosaan, kenakalan anak remaja, bahkan masalah pribadi. Meninggalkan segala ketakutan demi menjaga kedamaian kota. 

Ketika masyarakat sudah hilang kepercayaan pada polisi dan media memutarbalikkan fakta, akankah mereka melepaskan tanggung jawabnya sebagai polisi?



Review : 

Jujur awalnya kurang tertarik dengan jalan cerita diawal episode, apalagi melihat pemeran ceweknya judes banget dan pemeran cowoknya pasti si Lee Kwang Soo. 

Eh tapi kok lama-lama nagiiih ya. Perlahan mulai terurai kenapa si cewek bersikap jutek gitu. Ditambah kasus-kasus yang mereka hadapi. 
Dari petugas pemula akhirnya semua kompak. Plusssss banyak petugas ganteng lainnya yang kayaknya susah ditemukan disini. Hahaha kecuali briptu Andre mungkin #efek86NetTv. 

Di film ini bercerita tentang sudut pandang polisi dalam menangani berbagai kasus. Bagaimana mereka berjuang tetap dalam protokol meski nyawa mereka di pertaruhkan. Terutama berjuang melawan pihak sendiri yang melenceng dari tugasnya. 

Selain drama kriminal, drama keluarga dan percintaanpun ada. Dari asing berubah menjadi seperti keluarga sendiri. Senior dan junior saling berangkulan menjaga kedamaian. Di tengah ketegasan mereka, tersimpan perhatian yang tulus.

Ternyata tugas seorang polisi jaga tidak sesantai kelihatannya ya. Bisa dibayangkan hidup mereka sebenarnya itu dekat banget dengan kecelakaan dirinya sendiri. Mereka mempertaruhkan nyawa untuk menyelamatkan masyarakat, meski kadangkala respon masyarakat malah tidak bagus.

Film ini menarik untuk ditonton, alur ceritanya bagus dan endingnya sungguh terharu. 



N.B. 
Bulan Mei ini tugas polisi Indonesia sungguh amat berat. 
Kasus kerusuhan napi melawan petugas di Mako Brimob Depok yang menggugurkan 5 anggota polisi serta serangan aksi bom bunuh diri pada 3 gereja di Surabaya. 
Mereka berjuang demi keutuhan NKRI!

Selamat bekerja Pak Polisi, dimanapun anda berada. 
Selalu berhati-hati dan tegakkan kedamaian. 





Thanks,

-anita-



 

Tuesday, May 1, 2018

TETAP PERHATIKAN ANAK KALA BERADA DI AREA BERMAIN

Media sosial lagi ramai membahas sebuah video yang terjadi di arena bermain gratis sebuah Mall di Jakarta. 
 
Durasinya pendek dan hanya mempertontonkan beberapa detik kejadian si anak batita terpental jatuh sampai akhirnya si Ayah datang lalu menendang anak laki-laki yang berada di ayunan. 
 
Ya kali bilangnya itu nendang ayunannya biar berhenti. Jelas-jelas anak yang bermain ayunan langsung berhenti enggak lama setelah si anak batita itu menangis. Refleks? Kok kakinya lebih cepet ketimbang tangan sih? Aaaah, kalau seperti ini salah siapa dong? 
 
Sebagai penonton tentu saya bisa langsung memutuskan kalau orangtua si anak batita itu yang salah. Wong namanya juga area bermain dan terlihat jelas kok itu ayunan sedang dipakai, anak yang lebih besar saja minggir liatnya, lah ini anak batita yang baru bisa jalan dan belum ngerti apa-apa kok dibiarkan mendekat sendirian. 
 
Sejak Kael bisa menikmati arena bermain dimanapun itu, saya tentu sadar bahwa saya harus fokus memperhatikan Kael. Meski area tidak besar, tapi yang menikmati ramean. Coba deh perhatikan, meski ada larangan usia dan berat badan, tetap aja mereka melenggang bebas disitu bahkan ujung-ujungnya menguasai area. Malahan kadang orangtuanya cuek bebek aja tuh soal larangan ini, yang penting anaknya anteng. Biasanya sih ini kejadian di Mall. Udah deh kalau gitu saya memilih membawa Kael pergi. 
 
Berada di arena bermain tentu enggak luput dari kecelakaan kecil seperti jatuh karena didorong, tergencet ataupun terinjak. Waaah paling greget kalau ketemu anak yang agresif enggak sabaran. Rasanya ingin tau mana orangtuanya. Hahaha. Untungnya sih selama ini belum ada kejadian yang gimana-gimana, masih bisa ditoleransi deh dengan motto 'namanya juga anak-anak'.
 
Nah supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, saya menerapkan beberapa aturan ketika membiarkan Kael bermain,yaitu :
  • ANTRI, GANTIAN DAN MENGALAH
Namanya juga arena bermain umum, tentu semua orang bisa menikmati. Beruntung kalau yang ikutan main sedikit orangnya, tapi kan enggak selalu seberuntung itu ya. Makanya saya selalu sounding untuk mengantri jika sedang menunggu mainan yang diinginkan, gerak lebih cepat ketika sudah ada teman yang mengantri dan membiarkan orang lain jalan duluan ketika Kael belum siap. 
 
Kael akan membiarkan anak lain naik tangga duluan ketika dia masih belum siap untuk naik atau buru-buru bangun setelah turun dari perosotan. Lumayanlah yaaaa meski ini mulut harus koar-koar diawalnya.
 
  • BERMAIN SESUAI ATURAN
Pernah melihat ada anak yang naik perosotan malah dari seluncurannya? Seringkan? Nah Kael kadang seperti itu, ya karena melihat dari teman sepermainannya sih. Makanya saya suka sounding harus lewat tangga atau mengingatkannya kembali ketika dia mulai mencontoh yang tidak baik. 
 
  • TIDAK MENDORONG ATAU MELUKAI ORANG LAIN
Mendorong itu kayaknya refleks terjadi begitu saja kayaknya. Saya beberapa kali menemui anak yang suka mendorong, kadang saya beri pengertian tidak boleh mendorong tapi susah ya kan kalau memang sudah jadi kebiasaan. Makanya saya selalu sounding enggak boleh mendorong atau melukai temannya. 
Sampai saat ini sih belum ada korbannya, Kael lebih cenderung menunggu saat temannya sibuk memperebutkan posisi siapa duluan yang turun. 
 
  • SAKIT? TEMANNYA ENGGAK SENGAJA
Anak macam Kael yang terlihat enggak punya power tentu sering jadi korban kelalaian temannya. Pasti nangislah ya ujungnya. Tapi ya mau gimana, selama itu hanya karena ketidaksengajaan saya cuma bisa menenangkan Kael. Saya mah orangnya enggak bisa marah #eeeaaaa #pencitraan. 
 
  • JANGAN TAKUT
Kalau bertemu dengan permainan yang belum pernah dimainkan, Kael biasanya enggak langsung mencoba. Dia biasanya main mainan yang ia kenal dulu, setelah itu baru mencoba yang lain. 
Misalkan dia kepengen coba tapi kok dirasanya ragu, saya biasanya berdiri disampingnya atau menyodorkan tangan saya biar dia pegang. Mau lho dia. Kemarin berani main monkey bar ketika saya bilang akan dipegangin. #demijadisosokanakkuat
 
  • MAAF, PERMISI DAN BYE-BYE
Namanya juga anak kecil, belum ngerti kalau apa yang dia lakukan itu berefek pada orang lain. Sounding kata PERMISI ketika ada orang lain yang mengganggu jalannya, kata MAAF ketika tidak sengaja melukai orang lain dan kata BYE ketika waktu bermainnya sudah usai. 
 
*** 

Yang paling penting sih kesadaran diri kita sebagai orangtua. Membiarkan anak bermain lepas memang bagus, tapi harus mengenal dulu bagaimana sifat anaknya. Apakah si anak sudah bisa diberi kebebasan? Apakah si anak termasuk anak yang bisa bersosialisasi dengan baik? Dan tetap fokus pada anak, bisa saja memang anak kita yang salah.

Ketika kita melepas anak di arena bermain umum, artinya kita tahu konseksuensi yang (amit-amit) akan terjadi. Kalau belum sih mending sediain aja anaknya arena bermain sendiri dirumah. Hihihi. 

Dan ketika kita dihadapkan pada kejadian dimana anak kita jadi korban, tolong tarik napas dulu biar tenang. Bantu si anak menenangkan dirinya dulu deh, periksa apakah ada luka berat atau ringan? Setelah itu jikalau memang masalahnya berat ya diomongin baik-baik. Ya mungkin dengernya kok saya sok bijak banget karena belum pernah ngerasain. Tapi ini jadi pelajaran buat saya juga kedepannya.

Jadi kesimpulannya : 
Jangan menjadikan dunia ini mudah untuk anak, karena terlalu berat.
Tapi jadikan anak kita kuat untuk menghadapi dunia yang berat ini.



Love,


 - Mamih Awe - 

CERITA TENTANG PLAYGROUND BERBAYAR

Kalau boleh jujur, waktu masih kecil rasanya saya beserta adik kakak tidak pernah merasakan bermain di playground berbayar layaknya Kael se...