Monday, September 23, 2019

MENCAIRKAN BPJS KETENAGAKERJAAN 2019

Zaman sekarang tuh segalanya dipermudahkan banget deh rasanya., contohnya saja urusan hal mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT) dari BPJS Ketenagakerjaan atau dulu dikenal dengan nama Jamsostek.

Kalau dulu tuh mesti ikut kepersertaan selama bertahun-tahun dulu baru bisa dicairin atau mesti menunggu proses yang merepotkan, sekarang cukup datang sekali.

Jadi untuk kalian yang memutuskan ingin mencairkan dana JHT BPJS kalian, mudah sekali kok. Dengan mengambil antrian online dari situs bpjs ketenagakerjaan (www.bpjsketenagakerjaan.co.id). Namun harap bersabar ya, butuh waktu sebulan kedepan setelah resign baru bisa diproses.

Disitus ada pilihan untuk mencairkan dana JHT, kita hanya perlu registrasi terlebih dahulu supaya bisa masuk ke menu Tenaga Kerja. Setelah itu tinggal cari menu untuk mengklaim JHT. Isi data yang dibutuhkan, setelah itu cek kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang available. Kalau sudah penuh biasanya ada notifnya, diminta cari kantor cabang lain. Nah saya akhirnya mendapatkan jadwal seminggu kedepan di Kantor Cabang Batu Ceper.

Setelah itu dapat notifikasi email, nomor antrean online dan informasi dokumen yang dibutuhkan. Eits jangan iseng ya coba antre online lagi, soalnya enggak bisa ambil antrean lagi. Hehehe. Ketika ada perubahan jadwal juga dikirimkan sms, bahkan di telepon lho untuk konfirmasi ulang.

Ketika hari H, saya datang sepagi mungkin. Jadwalnya hanya dari jam 7.30 sampai jam 10.00, makanya saya datang tepat waktu. Kantornya belum buka, tapi yang datang sudah ramai. Begitu menunjukkan nomor antrean online, saya mendapatkan map berisi beberapa dokumen yang harus diisi. Saya mendapatkan nomor map 12.  Fasilitas kantornya lumayan lengkap seperti ruang menyusui, ruang bermain anak, toilet dan musholla - meski ruangannya tidak besar. 

Setelah kantor dibuka tepat jam 8 pagi, kami diminta untuk antri masuk sesuai nomor map. Diarahkan untuk ke jalur dropbox untuk kembali mengambil nomor antrian pemanggilan. Lumayan dapat nomor 6. Meski tidak luas, namun ruangan tertata rapi dan dingin. Para staff pun dengan sigap membantu kami.

Begitu nomor saya dipanggil setelah beberapa menit kemudian (kurang dari setengah jam), sayapun menyerahkan berkas dan diminta menunggu pengecekan dokumen. Enggak pakai lama, saya rasa cuma sebentar dan dokumen saya lolos. Sungguh kujadi serba salah, ini sih kecepetan. Jadi bingung mau ke Mall juga belom buka.

Saya diminta menunggu seminggu kedepan untuk uang masuk, jika masih belum diterima bisa menghubungi kembali. Shiiiaaaap Mas!

Berikut dokumen yang dibutuhkan :
1. Kartu Peserta asli dan 1 lembar copy
2. KTP asli dan 2 lembar copy
3. Kartu Keluarga asli dan 1 lembar copy
4. Surat keterangan kerja asli dan 1 lembar copy
5. Materai 6000 sebanyak 1 pc
6. NPWP asli dan 1 lembar copy (jika ada)

Note : surat keterangan kerja sebaiknya minta HR untuk membuat sesuai format yang berlaku, jangan disamakan dengan surat keterangan kerja buat file histori kerja kita. Hehehe.


So, selamat mencairkan BPJS.
Meski hasil BPJS ini kayak terima undian, jangan dihabiskan buat kesenangan semata ya. Sebagian jangan lupa investasikan kembali hasil JHTnya ya, buat masa depan lebih baik.


THANKS,

- ANITA-


No comments:

Post a Comment

MENCAIRKAN BPJS KETENAGAKERJAAN 2019

Zaman sekarang tuh segalanya dipermudahkan banget deh rasanya., contohnya saja urusan hal mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT) dari BPJS ...